Senin, 25 Agustus 2014

Abah Yoyok Baca Puisi Menolak Korupsi "Pikir Coba, Pikir!"

PIKIR COBA, PIKIR!

jejari telunjuk menunjuk-nunjuk
hati mengutuk mulut merutuk-rutuk
sorot mata jijik menghina-hina
bibir nyinyir mencibir-cibir

di ruang pengap berpagar jeruji besi
perempuan paruh baya itu meratap tanpa suara
linang air matanya kilau kemilau seakan ingin berkata:

oh jagat dewa betara kala
semena-mena mereka menuduhku berbuat nista
mereka dzolimi aku

bukankah mereka tahu siapa aku
biru darahku ratu gelarku
ningrat bermartabat
birokrat terhormat
itulah aku
pun handai taulan dan karib kerabatku
adalah pejabat dan birokrat

dengarlah dengar wahai kalian para penghujat
harta warisanku tak akan habis dimakan sampai tujuh turunan
bersama handai taulan, aku punya banyak perusahaan
tak masuk di akal jika aku mencuri apalagi korupsi
hanya orang sudra yang suka mencuri

aku ini ratu, darahku biru
dua puluh enam mobil mewah ada di dua anak kandungku
belum lagi rumah dan tanah, kebun dan sawah

adik kandungku pengusaha kaya raya
lima puluh dua mobil mewah, enam truk dan satu harley davidson dia punya
belum lagi harta lainnya, seratus aset berupa tanah dan rumah tersebar di mana-mana

maaf, ini bukan pamer
dua saudara tiriku yang satu walikota yang satu lagi petinggi partai
adik kandung perempuanku wakil bupati
sedangkan adik ipar perempuanku walikota
pun ibu tiriku adalah wakil bupati
belum lagi anak dan menantuku
belum lagi kerabat yang lain

coba pikir dengan akal sehat, tuan-tuan
sebagai penguasa yang juga pengusaha kaya raya
buat apa lagi kalau masih harus mencuri
sebagai birokrat, ningrat dan konglomerat
buat apa lagi kalau masih harus korupsi

pikir coba, pikir
pikirrrrrr…….!!

Cisauk, April 2014


Videonya bisa dilihat: bagian 1 dan bagian 2 (Facebook)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda memiliki kesan, pesan/saran maupun masukan atau pengalaman dengan Gerakan PMK, silakan ketik komentar Anda di bawah.

SATU HATI Tolak Korupsi untuk Negeri.