Rabu, 14 Agustus 2013

(Opini) Bulan Pendidikan Antikorupsi oleh Lukni Maulana (Suara Merdeka, 13/08/13)

Sumber
Ramadan merupakan bulan suci yang diperintahkan untuk melaksanakan puasa hanya bagi orang beriman. Slogan yang sering kita dengar yakni ”bersihkan diri dan sucikan hati”, layaknya perlu ditambah dengan antikorupsi. Sebagai warga negara yang menjunjung nilai-nilai ketuhanan, tentu sangat mendukung pemberantasan korupsi yang telah menggejala, dan tiap tahun jumlah pelaku meningkat.

Saya sangat terharu dengan peran penyair yang menerbitkan buku ”Antologi Puisi Menolak Korupsi” yang dikomandani oleh Leak Sosiawan dan melakukan kunjungan ke beberapa kota dengan sikap independensinya. Saya dua kali mengikuti, di Tegal dan Banjarbaru Kalimantan Selatan, dimana para penyair menyuarakan pendidikan moral melalui penerbitan dan pembacaan puisi. Di bulan suci ini selayaknya menjadi momentum pendidikan antikorupsi.

Jika penyair bisa melakukan, tentu kita juga mampu melakukan. Kejahatan korupsi, baik atas uang negara maupun aturan legislasi, patut kita berantas, sebab telah masuk dari berbagai lini dan bisa menjerat siapa saja, dari para pejabat hingga kiai. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan membersihkan diri, sucikan hati, dan antikorupsi.

Pertama, memahami diri kita sebagai orang yang beriman dan berketuhanan. Bahwa korupsi merupakan tindakan yang merugikan diri dan rakyat. Kedua, Ramadan menjadi bekal untuk mengekang hawa nafsu, sehingga keburukan itu harus dibersihkan dengan sikap saling memahami diri dan orang lain. Ketiga, Ramadan merupakan bulan pendidikan dimana kita membersihkan diri melalui kegiatan amalan dan sucikan hati melalui madrasah jiwa.

Dengan memahami makna Ramadan tentu kita belajar untuk tidak korupsi atas  pribadi seperti korupsi waktu, tanggung jawab, dan korupsi timbul karena adanya kesempatan. Dengan demikian diharapakan pada Ramadan ini semakin menyadari posisi bahwa kita memiliki tanggung jawab atas diri pribadi, dan untuk turut serta mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih baik.

Lukni Maulana
Rumah Pendidikan
Sciena Madani
Banjardowo Rt 2 Rw 6 Genuk, Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bila Anda memiliki kesan, pesan/saran maupun masukan atau pengalaman dengan Gerakan PMK, silakan ketik komentar Anda di bawah.

SATU HATI Tolak Korupsi untuk Negeri.